Jadilah Pribadi Yesus yang Penuh Kasih Tanpa Batas

Sekitar 3000 umat Katolik di Jambi menghadiri perayaan Kamis Putih yang diselenggarakan 2 kali pada pukul 16.00 dan 20.00 di Gereja Santa Teresia Jambi. Kedua misa itu dipimpin oleh Rm Pius Pujowiyanto SCJ. Dalam Homilinya, Romo yang akrab disapa dengan Romo Pujo itu mengajak seluruh  umat untuk menjadi seperti Yesus yang bersiifat mengasihi tanpa batas.

‘Dalam Perjanjian Lama, umat Israel mengoleskan darah domba jantan di ambang pintu mereka agar mereka diselamatkan oleh Allah. Tetapi di Perjanjian Baru, Yesuslah yang menyediakan diri sebagai anak Domba Allah, ” terang Romo Pujo. Yesus  yang adalah Guru dan Tuhan mengorbankan Tubuh dan Darah Nya dengan wafat di kayu salib karena cinta Nya yang tanpa batas untuk kita. “Itulah yang menjadi modal bagi kita murid Yesus, karena kita berharga bagiNya’ pesan Pastor Kepala Paroki St Teresia Jambi itu.

Setelah Homili, diadakan upacara pembasuhan kaki oleh Romo kepada 12 rasul perwakilan dari umat. Beberapa dari rasul tersebut juga membasuh  kaki umat yang hadir.

Perayaan ini diakhiri dengan pemindahan Sakramen Maha Kudus ke Taman Doa sementara yakni di Gedung Paroki Lt.3. Setelah diletakkan, umat dipersilahkan untuk menyampaikan doa hingga pagi keesokan harinya atau  ibadat tuguran.

Teks : Elisabeth Simanjuntak, Foto : Harapan Kita