Bulan Bunda Maria : Mengasihi dengan Memberikan Diri Secara Total

Bulan Mei adalah bulan yang penuh rahmat bagi umat katolik. Bulan ini dikhususkan untuk memperingati Bunda Gereja yaitu perawan maria yang mengandung dan melahirkan penebus dunia Yesus Kristus.
Paroki Santa Teresia Jambi mengadakan pembukaan bulan maria atau bulan rosario di Pelataran Candi Goa Maria di Gereja Maria Ratu Rosari, Payo Selincah, Rabu (1/5).  Misa pembukaan bulan rosario ini diawali dengan perarakan Patung Bunda Maria dengan nuansa Tionghoa.  Perarakan Patung Bunda Maria dimulai dari gerbang utama pintu masuk pelataran Candi dan disambut para penari dari OMk dan BIAK SMRR Payo dengan nuansa yang sama.

Perarakan Patung Bunda Maria dengan nuansa Tionghoa
Patung Bunda Maria disambut para penari BIAK dan OMK SMRR

Sesudah perarakan dilanjutkan dengan berdoa rosario bersama umat yang dipimpin oleh bapak Rafael Raya yang mengambil peristiwa mulia.
Setelah Doa Rosario dilanjutkan dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Romo Pius Pujowiyanto SCJ, dan Romo Louis De Monfrot Pr sebagai konselebran.

Misa Perjamuan Ekaristi dipimpin Romo Pius Pujowiyanto, SCJ dan konselebran Rm. Louis, Pr

Totalitas Bunda Maria

Dalam homilinya, Romo Pujo  menekankan bagaimana Bunda Maria secara total menjawab panggilan Tuhan melalui malaikat yang menyampaikan kabar sukacita bahwa ia akan melahirkan Sang Juru Selamat.

“Saat ini  kita  juga dapat memperoleh tiga karunia. Karunia pertama yakni karunia Bersukacita karena Yesus yang menderita dan wafat kini sudah bangki. Karunia kedua yakni  karunia penyelamatan bahwa kita sudah diselamatkan, dan ketiga karunia perutusan, bahwa kita semua diutus Tuhan untuk mewartakan tentang kabar sukacita,” ujar Romo Pujo. Karena Yesus yang telah bangkit membuat kita percaya bahwa Ia sungguh penyelamat dunia.

Suasana Misa Perjamuan Ekaristi

Umat diajak untuk meneladani sikap tulus Bunda Maria yang total memberikan dirinya untuk menjalankan segala perintah yang diberikan Tuhan.

Teks dan Foto : Margaretha Apriyanti

Please follow and like us: