Colours Choir Menyapa Umat Paroki St Teresia Jambi

 

Alunan suara yang merdu nan harmonis membuat suasana Misa Kudus kedua pada hari Minggu (19/8) menjadi berbeda. Umat Gereja Santa Teresia Jambi mendapat kehormatan karena paduan suara diisi secara khusus oleh Colours Choir dari Keuskupan Agung Palembang.

Dengan menggunakan setelan hitam dipadukan dengan  tambahan rompi dan kain bermotif emas, belasan anggota paduan suara Colours Choir menyita perhatian para umat. Lagu demi lagu dibawakan dengan sangat padu menambah khidmat Misa Kudus yang dipimpin oleh Romo Pius Pujo Wiyanto, SCJ ini.

Kedatangan Colours Choir untuk mengisi koor di Misa Kudus Gereja Santa Teresia Jambi merupakan akhir dari rangkaian kegiatan di Provinsi Jambi. Malam sebelumnya, Colours Choir mengadakan konser ke sepuluh dengan tajuk “Stand and Sing” di Gereja Gregorius Agung Jambi. Selain membawakan belasan lagu, Colours Choir juga berbagi pengalaman mengenai musik liturgi kepada penonton yang hadir pada konser tersebut.

Colours Choir beranggotakan orang muda dari latar belakang yang berbeda-beda mulai dari pelajar hingga pekerja. Walaupun terdiri dari orang muda tetapi prestasi yang telah dihasilkan sangatlah luar biasa. Berdiri di tahun 2004,  Colours Choir melaksanakan konser perdananya di 2006 dengan tajuk “Voices of Colours” di Gereja Katedral Santa Maria Palembang.

Prestasi yang paling membanggakan adalah menjadi juara pertama kategori kompetisi internasional Music of Religion pada ajang The 6th Bali International Choir Festival pada bulan Juli 2017. Dalam kompetisi  tersebut, Colours Choir mengharumkan nama bangsa dengan menyabet empat medali, masing-masing untuk kategori Music of Religion ( dua medali emas runner up Championship) dan kategori Folkfore (dua medali emas Championship di urutan ke empat).  Festival paduan suara internasional ini diikuti 13 negara.

Paduan suara Colours Choir tampil memukau saat membawakan lagu persembahan usai Misa Kudus kedua di Gereja St. Teresia Jambi, Minggu (19/08).

Usai Misa Kudus, umat gereja juga mendapat keistimewaan dengan suguhan dua lagu tambahan Colours Choir yang ditampilkan di depan altar. Lagu pertama berjudul “Gereja Bagai Bahtera” dan lagu kedua “Sayang Selayak”.

Lagu kedua yang merupakan lagu daerah Palembang dibawakan dengan tarian yang diiringi perkusi. Lagu yang diaransemen oleh Lala Gozali–pendiri Colours Choir—ini sangat spesial karena lagu inilah yang meraih medali emas dalam ajang Bali 6th International Choir Festival 2017.

Usai kedua lagu tersebut gemuruh tepuk tangan para umat menggema di dalam gereja memberikan apresiasi atas penampilan Colours Choir.

Terimakasih Colours Choir, Tuhan memberkati…

Cuplikan penampilan Colours Choir di Gereja St Teresia Jambi dapat dilihat di link berikut   https://youtu.be/K_DjFA_VUjM

(Andreas Novie Hari Putranto)