154 Siswa SD Xaverius II Latih Kemandirian Melalui Persami

SD Xaverius 2 Jambi kembali mengadakan kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami). Kegiatan rutin ini ditujukan bagi siswa-siswi tingkat VI yang sebentar lagi akan menyelesaikan pendidikan dibangku sekolah dasar.

Persami yang digelar 23-24 Februari 2019 ini diikuti 154  siswa di halaman Pondok Harapan,  Mayang, Jambi. Acara dimulai pada pukul 15.00 diawali dengan membangun tenda kelompok yang dibantu  kakak pendamping.  Karena hujan deras terpaksa kegiatan dipindahkan ke dalam aula,

Kondisi ini tidak menyurutkan kegembiaraan dan kekompakan para pandu. Setelah menyiapkan tempat istirahat, tiap regu Pramuka dilatih menyiapkan makanan  sesuai dengan selera kelompok.  Siswa didik dilatih kemandirian dan bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan bersama.  Setelah makanan siap, santap malam pun dilakukan bersama-sama.

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya.

Galeri Foto

Setelah hujan deras mengguyur, keesokan harinya para Pramuka disambut dengan  cuaca cerah. Kegiatan hari kedua  diawali dengan jalan santai,  yang kemudian dilanjutkan dengan sarapan dan permainan kelompok. Dalam upacara penutupan, Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Pramuka SD Xaverius II Cornelius Mujito, S.Pd menyatakan Persami ini diharapkan menjadikan para pandu  berjiwa muda, terampil, dan selalu gembira.

 

(Teks dan foto : Silvia Yohatin)

 

Please follow and like us: