KIA Perdana Diluncurkan di SD Xaverius 2 Jambi

Jambi, ParokiTeresiaJambi.com–Bertempat di aula SD Xaverius 2 Jambi, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Dispendukcapil ) Kota Jambi resmi meluncurkan Kartu Identitas Anak( KIA), Selasa (19/2). Peluncuran KIA ini secara simbolis diberikan langsung oleh Walikota Jambi, Drs. H. Syarif Fasha, M.E. kepada sepuluh peserta didik di SD Xaverius 2.  sekaligus sebagai sekolah perdana yang ditunjuk sebagai tempat peluncuran KIA.

Kartu ini dapat digunakan oleh peserta didik dari tingkat  Sekolah Dasar (SD) dan  direncanakan juga dapat digunakan oleh peserta didik tingkat Taman Kanak-Kanak (TK). Selain sebagai kartu identitas diri layaknya kartu tanda pengenal (KTP), peserta didik juga dapat menggunakannya untuk pendaftaran ke sekolah baru atau sekolah lanjutan tanpa menyertakan dokumen lainnya.

Dalam sambutannya,  Fasha menjelaskan bahwa kartu ini juga dapat digunakan sebagai identitas peserta didik berprestasi agar lebih mudah mengakses semua keperluan dan sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap prestasinya. Peserta didik yang memiliki KIA tidak perlu lagi menyertakan syarat-syarat pendaftaran sekolah lanjutan seperti Akte Kenal Lahir, Kartu Keluarga, KTP orangtua kepada sekolah yang dituju di seluruh Indonesia.  Ini karena, imbuh Fasha, pembuatan KIA berdasar pada identitas pribadi peserta didik dan orangtuanya,

Target 8.000 KIA

Fasha meminta agar sekolah-sekolah di Kota Jambi segera menyelesaikan pendaftaran peserta didik karena Dispendukcapil Kota Jambi menargetkan  8.000 KIA  selesai di semester II Tahun Pelajaran 2019. Dalam kesempatan itu dibagikan pula Kartu Jambi Cerdas yang diterbitkan Bank Jambi sebagai bank rekanan pemerintah kota Jambi.

Acara yang berlangsung sekitar satu jam dimeriahkan  pertunjukan seni rebana dari SDN 15 Kota Jambi dan Tari Persembahan dari SD Xaverius 2 Jambi. Para penari tampil  semangat dan penuh rasa bahagia  menyambut kedatangan Walikota Jambi, Kepala Dinas Dukcapil Kota Jambi, dan dinas-dinas terkait lainnya. Sekitar 200 Kepala Sekolah dan undangan lainnya memenuhi aula. Suasana aula kian semarak  dengan dua penampilan tari khas Jambi dan persembahan musik angklung oleh peserta didik SD Xaverius 2.

(Teks : Kontributor Indah Budiarti, Foto : Silvia Yohatin)

Please follow and like us: