Para Jurnalis Cilik SD Xaverius 2 Jambi Beraksi, Romo Frans de Sales, SCJ Beri Pelajaran 3 Hari

Sebanyak 26 siswa SD Xaverius 2 Jambi belajar jurnalistik, Kamis-Sabtu (7-9/2/2019). Mereka dilatih Romo Frans de Sales, SCJ dan Tim Keuskupan Agung Palembang. (Silvia Yohatin)

 

TERLIHAT anak-anak SD Xaverius 2 Jambi mondar-mandir membawa pulpen dan kertas. Wajah-wajahnya antusias mereka terlihat serius, terkadang tertawa sembari menulis di kertas.

Kamis (7/2/2019) pagi, anggota ekstrakulikuler Jurnalis dan beberapa siswa lain, mendapat kesempatan istimewa. Para siswa mendapat pelatihan jurnalistik dari tim yang berpengalaman.

Tim yang datang untuk memberi pelatihan jurnalistik, yaitu Romo Frans de Sales, SCJ, dan Tim Jurnalistik Keuskupan Agung Palembang.

Selama tiga hari, Kamis- Sabtu (7-9/2/2019) para siswa berlatih menjadi jurnalis alias wartawan. Mereka berlatih mencari dan mengumpulkan data, kemudian menuliskan untuk menyajikan ke masyarakat.

Ssiswa SD Xaverius 2 Jambi belajar jurnalistik, Kamis-Sabtu (7-9/2/2019). Mereka dilatih Romo Frans de Sales, SCJ dan Tim Keuskupan Agung Palembang. (Sylvia Yohatin)

Ada 36 orang siswa kelas IV, V dan VI mengikuti kegiatan ini. Duduk di dalam ruang laboratorium komputer, mereka terlihat serius menyimak.

Ternyata, siswa SD Xaverius 2 Jambi ini memiliki minat dan bakat menjadi jurnalis.

Mereka belajar apa saja?

Ada beberapa materi menarik yang disampaikan tim.

Pada hari pertama, Romo Frans de Sales, SCJ, memaparkan tentang dasar-dasar jurnalistik. Apa itu jurnalistik dan apa tugas jurnalis.

Peserta dibagi beberapa kelompok untuk mulai praktik. Mereka menyusun pertanyaan dan melakukan wawancara kepada narasumber yang ada di lingkungan sekolah.

Serius belajar jurnalistik

Pada hari kedua dan ketiga, ada materi lain yang lebih dalam dan menarik.

Apa yang akan dipelajari pada hari kedua Jumat (8/2/2019)? Kita tunggu liputan KomsosDok selanjutnya ya …

Nah, Hasil tulisan dan karya siswa ini akan dimuat di tabloit Yayasan Xaverius Palembang pada edisi Mei 2019.

Penasaran seperti apa? Kita tunggu yuk bulan depan…

Sibuk menuliskan hasil wawancara. (Sylvia Yohatin)

Kegiatan ini juga disiarkan Radio Tirilolok Kupang secara live streaming, keren kan

Para siswa mengaku senang mengikuti kegiatan ini, karena memberi pengalaman tersendiri. (Sylvia Yohatin)

Please follow and like us: