Rm Pius Pujowiyanto, SCJ Restui Pembentukan LP3KD Kota Jambi

Romo Pius Pujowiyanto, SCJ merestui pembentukan kepengurusan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Daerah (LP3KD) Kota Jambi. Dalam audiensi pengurus di Gedung Paroki, Selasa (12/3) malam, Romo Kepala Paroki St. Teresia Jambi hadir bersama dengan perwakilan Dewan Pastoral Paroki dan Pengurus LP3KD Provinsi Jambi.

Audiensi pengurus LP3KD Kota Jambi dengan Rm Pius Pujowiyanto

LP3KD Kota Jambi merupakan lembaga yang ditetapkan oleh pemerintah yang memiliki tugas untuk menyelenggarakan lomba musik liturgi di tingkat administrasi Kota Jambi. Melihat dari cakupan wilayah administrasi maka ada dua paroki yang tergabung dalam LP3KD Kota Jambi ini yakni Paroki St. Teresia Jambi dan Paroki Gregorius Agung. Pembentukan LP3KD Kota Jambi juga bertujuan untuk menyiapkan diri dalam menyambut pagelaran Pesparani tingkat provinsi pada Oktober 2019 dan tingkat nasional di 2020 di Kupang.

“Tugas pengurus LP3KD Kota Jambi ini tidak mudah karena kategori lombanya juga cukup banyak. Ketentuan-ketentuan lomba juga harus menyesuaikan dengan aturan pemerintah, berbeda dengan lomba padusan suara yang biasa kita lakukan. Karena itu persiapannya harus matang dan waktunya juga harus cukup,” ujar Rm. Pujo. Salah satu ketentuan yang dimaksud adalah domisili peserta lomba yang berdasarkan kecamatan bukan wilayah gereja.

Rm Pujo memberikan arahan kepada pengurus LP3KD Kota Jambi

Dalam Pesparani ada 12 kategori lomba yang akan dipertandingkan, yakni paduan suara (PS) Gregorian dewasa dan anak; PS anak, wanita dewasa, pria dewasa, dan dewasa campuran; mazmur anak, remaja, dan dewasa; cerdas cermat anak dan remaja; serta lomba bertutur kitab suci.

LP3KD Provinsi Jambi telah mengeluarkan surat keputusan tentang pembentukan LP3KD Kota Jambi dengan Romualdus Kaju sebagai Ketua Umum, Robertus Bangun Samiadji sebagai Ketua I, dan Faatumbu Duha selaku Ketua II.

“Kami ucapkan proficiat kepada para pengurus yang telah terbentuk. Semoga pengurus dapat selalu solid dan mempunyai daya juang tinggi untuk terus bekerja keras dengan hati yang tulus dan ikhlas,”pesan Ketua LP3KD Provinsi Jambi Kasianus Telaumbanua. Ia menegaskan bahwa organisasi Katolik di bawah pemerintah ini harus menjadi perpanjangan tangan gereja mulai dari tingkat RT hingga Walikota.

Ketua LP3KD Provinsi Jambi Kasianus berbagi pengalaman dan memberikan motivasi

Kasianus meminta agar pengurus inti mulai secara intensif membangun komunikasi dengan aparatur di lembaga-lembaga pemerintah terkait. Pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan Pesparani namun selama ini belum dimanfaatkan secara optimal oleh umat Katolik. Keikutsertaan kontingen Jambi dalam Pesparani Nasional di Ambon tahun lalu, imbuh dia, dapat menjadi pelajaran penting yang dapat dipetik.

Ketua II LP3KD Kota Jambi Faatambu Duha menyampaikan pandangan dalam audiensi

Ketua II LP3KD Kota Jambi Faatumbu Duha optimis pengurus dapat bekerja dengan baik karena mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak. “Terutama sekali juga karena dukungan dari para romo, baik Romo Pujo dari Paroki Santa Teresia maupun Romo Haryoto dari Paroki Gregorius Agung. Saya yakin jika kita bekerja dengan sungguh-sungguh, ditujukan untuk kepentingan umat dan gereja, maka Tuhan pasti akan membantu kita.” pungkas Duha.

Proficiat terbentuknya pengurus LP3KD Kota Jambi.

 

(Teks dan Foto : L Andreas Sarwono)

 

 

Please follow and like us: