Lingkungan pun Adakan Perayaan Natal Anak-Anak

Perayaan Natal bagi anak-anak juga diadakan di lingkup terkecil gereja yakni lingkungan. Pada Minggu (6/1/2019), umat Lingkungan V Wilayah St. Fransiskus Asisi bersama sama merayakan Natal anak anak di rumah Sutarso, Srikayangan, Talang Bakung, Jambi. Perayaan yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB ini dimulai dengan Ibadat Sabda yang dipimpin oleh  J Sumardi.

Ketua Lingkungan V Wilayah Asisi Dion Alfonsus dalam sambutannya disampaikan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi  keprihatinannya melihat kondisi anak-anak yang kurang mendapatkan pendidikan rohani di sekolahnya, terutama di sekolah sekolah non Katolik.

“Prihatin melihat mereka tidak bisa berdoa Bapa Kami dan Salam Maria. Anak Katolik seharusnya juga mendapatkan pendidikan agama yang layak sesuai imannya.” ujar dia. . Maka, Dion bekerja bersama para umat lingkungan lainnya untuk membuat Sekolah Minggu Lingkungan. Setelah berjalan 6 bulan, mereka lalu sepakat untuk mengadakan Perayaan Natal anak anak di lingkungan. Pak Dion sangat berharap besar bahwa kegiatan ini dapat menjadi pancingan bagi lingkungan lingkungan dari wilayah lain untuk melakukan kegiatan serupa.

Ekspresi keceriaan anak-anak yang penuh gaya
Bercengkerama bersama dalam perayaan Natal Anak-Anak.
Acara tukar kado yang ditunggu-tunggu

“Anak anak aset kita”, tambahnya. “Maka kita sebagai orang tua harus mendidik anak anak sesuai dengan keimanannya walaupun kondisi di sekolahnya tidak mendukung. Dan semoga wilayah atau pengurus BIAK bisa lebih memperhatikan pendidikan iman anak.” harapnya.

Perayaan Natal yang dihadiri oleh 25 anak-anak ini sangat meriah. Selain ibadat sabda, anak-anak juga mempersembahkan hiburan seperti tarian dan nyanyian. Selain itu juga ada acara tukar kado untuk semakin mempererat hubungan antar umat.

Sebelumnya, Pesta Natal Anak-Anak di Gereja Ratu Rosario Selincah juga diadakan pada Jumat (28/12/2018). Keanekaragaman budaya ditampilkan melalui serangkaian pertunjukan seni. Dalam perayaan kelahiran Yesus Sang Juru Selamat ini dihadirkan pula  tokoh yakni Sinterklas dan Santo Nikolas yang membuat anak-anak sangat antusias.

Berikut foto-foto kemeriahannya.

(Teks dan Foto : Bowo Sardjito dan Kontributor : Rina Agustina )