Pesparani I Ambon : Kontingen Jambi Gemilang dengan Raih Dua Emas

Walaupun tidak meraih gelar juara, Kontingen Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Jambi berhasil tampil gemilang dengan meraih dua emas, tiga perak, dan satu perunggu dari tujuh mata lomba yang diikuti.

Ketua Tim Kontingen Pesparani Jambi Bernardus Siagian menyatakan dengan raihan prestasi tersebut, secara umum tim telah berhasil dengan baik. “Sejak awal memang sudah disepakati bahwa kami tidak memiliki target untuk menjadi juara, tetapi kita mau ikut berpesta iman dan bersuka cita dan memeriahkan Pesparani I Tingkat Nasional ini dengan suasana kreasi hidup menggereja,” ujar Bernardus usai acara penutupan di Ambon, Kamis (1/11).

Perolehan medali emas diraih pada mata lomba Mazmur anak dan Bertutur Kitab Suci, medali perak pada mata lomba Mazmur Remaja, Mazmur Dewasa, dan Lomba Cerdas Cermat Remaja, sedangkan perunggu pada mata lomba Paduan Suara Dewasa Campuran. Untuk Lomba Cerdas Cermat Anak, kontingen Jambi meraih Juara Harapan 2.

Secara khusus Bernardus berterimakasih kepada panitia di Ambon yang telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan profesional. 

Ia berharap, dalam Pesparani II Kontingen Jambi dapat berprestasi lebih baik lagi. “Dari Pesparani I ini kami telah mendapat pengalaman tentang hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki ke depan. Karena ini memang baru pertama kali masih banyak kekurangan disana sini, tetapi secara umum Tim Pesparani ini berhasil dengan baik dan gemilang” ujar dia.

Acara Ditutup Meriah

Perhelatan akbar Pesparani Katolik Indonesia 2018  ini secara resmi ditutup dalam sebuah kemeriahan pesta di Lapangan Merdeka Kota Ambon, Kamis (1/11/2018) malam.

Kemeriahan penutupan Pesparani I Nasional di Ambon, Kamis (1/11)

Acara ini berlangsung 27 Oktober-2 November 2018. Saat penutupan sekaligus pengumuman pemenang, ribuan orang umat Katolik hadir.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise, hadir untuk menutup acara. Dia mengatakan perempuan mempunyai harapan hidup dan lebih kuat menghadapi persaingan dan bangga terhadap perempuan yang ikut dalam Pesparani.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise hadir dalam penutupan acara

 

Ketua Panitia Pesparani yang juga Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahubura, mengatakan bahwa agama merupakan suatu anugerah.

“Pesparani merupakan produk keagamaan yang berimplikasi pada humanisme dan kebangsaan. Semua masyarakat Maluku dari bermacam agama mendukung dan membantu dalam kepanitiaan pelaksanaan acara ini,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Maluku, Said Assagaff, mengatakan bahwa hidup orang bersaudara menjadi kekuatan besar bagi persaudaraan di Maluku.

“Kita tidak mudah dibodohi oleh isu agama yang membodohkan. Pesparani menjadi pembangunan peradaban di Indonesia,” tuturnya. Said Assagaff juga mengutip bacaan Alkitab dari Roma ayat: 10.

Said berharap kemenangan berpihak pada persaudaraan dan suka cita. Dia juga menyampaikan terimakasih atas nama rakyat Maluku kepada seluruh peserta yang telah membongkar sekat-sekat yang ada di masyarakat.

Drama Tari Kontingen Jambi

Sementara itu, pendamping Kontingen Jambi di Pesparani 2018, Inigo Bagus Kelik mengatakan Tim Jambi menampilkan drama tari di acara Maluku Expo. Acara digelar di Lapangan Mapolda Maluku dan dihadiri perwakilan 34 provinsi di Indonesia.

Kelik mengatakan drama yang ditampilkan Kontingen Jambi, menceritakan sejarah, potensi alam serta pariwisata Jambi. Keberagaman budaya dan masyarakat Jambi yang selalu bersinergi membangun Jambi yang digambarkan dengan Tarian Rentak Besapih.

Penampilan drama tari dari Kontingen Jambi

“Peserta tari dan drama berjumlah 17 orang, diasuh Andreas Ardana dan Rina Agustina. Naskah drama ditulis Yustinus Vena,” ujar Kelik.

Berikut ini pemenang di Pesparani Katolik Nasional 2018:

CC Anak: DKI Jakarta
CC Remaja: Kalimantan Timur
Bertutur Kitab Suci: Kalimantan Barat
Mazmur Anak: Kalimantan Timur
Mazmur Remaja: DKI Jakarta
Mazmur Dewasa: Nusa Tenggara Timur
PS Anak: Kalimantan Timur
PS Dewasa Pria: Maluku
PS Dewasa Wanita: DKI Jakarta
PS Gregorian Anak Remaja: Kalimantan Barat
PS Gregorian Dewasa: Kalimantan Barat
PS Dewasa Campuran: Jawa Barat
Juara Umum: Kalimantan Timur (poin tertinggi 299)

Sumber berita : jambi.tribunnews.com , Foto : Inigo Bagus Kelik