Seru Bersama Lansia Katolik

Semakin Tua Semakin Bahagia Bersama Yesus. Tema inilah yang diangkat dalam acara bersama Lansia, 29 September 2018 di Candi Maria Ratu Rosario, Jambi.  Acara bersama Lansia ini dibuka oleh misa kudus, seminar kesehatan, hiburan dan permainan, dan ditutup oleh makan siang bersama. Antusiasme umat untuk acara ini sangat baik. Ini terbukti dari penuhnya kursi yang telah disediakan oleh panitia. Tampak beberapa umat sampai mengambil tempat di pinggir – pinggir pagar agar dapat turut serta dalam acara ini. Bahkan bukan hanya umat dari golongan lansia saja yang menghadiri acara ini, beberapa anak – anak dan remaja pun turut serta hadir dan memeriahkan acara bersama lansia ini.

 

Para lansia yang sudah mendaftarkan diri mereka sebelumnya untuk dapat mengikuti acara ini melakukan registrasi ulang pada pukul 08.00 WIB. Lalu Romo Antonius Dwi Raharjo, SCJ pun membuka acara ini dengan mempersembahkan misa kudus pada pukul 09.00 WIB. Dalam khotbahnya, Romo Dwi memotivasi para lansia untuk tetap semangat dalam hidup, bergembira dan menikmati walau sedang dalam keadaan sakit. Romo Dwi juga berharap bahwa semoga nantinya akan ada Panti Jompo Katolik di Jambi ini untuk membantu para Lansia yang terlantar atau kurang mendapat perhatian dari keluarganya. Suasana misa menjadi cair saat Romo Dwi menanyakan langsung kepada para Lansia, “Oma dan Opa disini, siapa kira -kira yang ingin mendaftar menjadi anggota Panti Jompo apabila kelak Panti Jompo yang kita cita – citakan ini berdiri ?” Tampaklah beberapa lansia mengacungkan jarinya tanda setuju ingin mendaftar menjadi anggota Panti Jompo dan beberapa umat pun tertawa menanggapi acungan jari tersebut.

 

Setelah selesai misa kudus, para lansia diajak untuk berbagi pengetahuan tentang kesehatan lansia bersama Dr. Sri Yani.  Dalam seminar kecil nya ini, dokter yang bertugas di RS. St. Theresia Jambi ini menjelaskan banyak hal tentang apa yang harus dijaga dan dihindari dalam menjaga kesehatan para lansia.

 

Seksi acara yang dalam hal ini diwakili oleh kak Rina memberikan beberapa hiburan dan permainan untuk para lansia setelah seminar kesehatan bersama Dr. Sri Yani. Kak Rina bersama team nya tampak sangat lihai dalam menghibur para lansia.  Mereka mengajak para lansia untuk ikut dalam permainan sederhana namun dapat menguntai senyum dan tawa dari para lansia karena mereka sangat menikmati permainan itu. Kak Rina dan team juga membuat yel – yel lansia dan mengajak para lansia untuk mengikuti gerakan – gerakan dan nyanyian yel – yel itu. Para lansia terlihat sangat senang dan berusaha mengikuti setiap gerakan dan nyanyian sambil tertawa – tawa.

 

Karena waktu sudah semakin siang, akhirnya acara pun ditutup dengan makan bersama. Setelah makan bersama, panitia pun mengakhiri acara tersebut. Tergambar jelas pada raut muka para lansia bahwa mereka sangat puas mengikuti acara bersama ini. Panitia pun berharap semoga acara ini bisa menjadi acara rutin gereja, sebagai salah satu bentuk pelayanan terhadap para lansia Katolik. (ibs)