Hari Orang Muda Sedunia 2021

HOMS KE-36 TAHUN 2021

Umat Paroki Santa Teresia Jambi,

Gagasan Hari Orang Muda Sedunia (HOMS) lahir dari intuisi profetis St. Yohanes Paulus II pada Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam 1984, yang kemudian dirayakan setiap tahunnya pada setiap Minggu Palma, mulai tahun 1985. 

Pada akhir Perayaan Ekaristi Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam, 22 November 2020, Paus Fransiskus mengumumkan kembali agar HOMS di Gereja-Gereja partikular,  serta memindahkan perayaan HOMS yang sebelumnya ditetapkan pada setiap Minggu Palma, menjadi pada hari Minggu Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam.

HOMS 2021 mengangkat tema: ‘BERDIRILAH, aku menetapkan engkau sebagai saksi atas sesuatu yang engkau lihat (Kis. 26:16). Tagline-nya adalah: LEVANTATE – yang artinya: berdirilah atau bangkitlah!

Pada HOMS 2021 Bapa Suci Fransiskus menekankan pesan tentang betapa besar peran dan potensi orang muda di tengah Gereja: “Ketika seorang muda terpuruk, dalam berbagai hal kemanusiaan juga terpuruk. Sebaliknya, benarlah ketika seorang pemuda bangkit, maka seluruh dunia juga akan bangkit. Orang muda, betapa besar potensi yang kamu miliki di tanganmu! Betapa besar kekuatan yang kamu miliki dalam hatimu!”

Uskup Agung Palembang, Mgr. Yohanes Harun Yuwono pada secara khusus mengeluarkan Surat Gembala Hari Orang Muda Sedunia (HOMS) 2021 pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93, 28 Oktober 2021 yang menggarisbawahi orang muda sebagai tanda kehidupan Gereja: “Saya sungguh yakin, jika kaum muda Gereja, baik di paroki maupun di stasi aktif dan sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama, Gereja kita akan hidup.”

Perayaan HOMS pada Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam, Minggu, 21 November 2021 di Paroki Santa Teresia Jambi akan dipusatkan dengan di Gereja Santa Teresia Jambi dengan Perayaan Ekaristi Orang Muda pada Pkl. 09.00 WIB. Kiranya ini menjadi awalan yang baik agar muncul beraneka kegiatan-kegiatan orang muda baik di wilayah, stasi dan lingkungan yang menjadi ‘tanda-tanda kehidupan’ Gereja. 

Mari kita semua para orangtua dan semua pihak untuk mendukung, menyemangati para anak-anak muda di tengah keluarga: Remaka, OMK bersama seluruh kelompok kategorial muda lainnuya untuk keluar dari zona sendiri menuju zona bersama dalam paguyuban umat beriman, memberikan ruang-ruang yang cukup, menyediakan perbekalan yang memadahi bagi perziarahan orang-orang muda Katolik.  Sebab, “Gereja memiliki banyak hal untuk dibicarakan dengan orang muda dan orang muda memiliki banyak hal untuk dibagikan dengan Gereja” (St. Yohanes Paulus II)

Selamat Hari Orang Muda Sedunia 2021 Tetap setia menempatkan KRISTUS di hati kita. 

Yustinus Vena

Ketua DPP Paroki St.Teresia Jambi

Please follow and like us: