“Menjadi Pengurus DPP Menjadikan Hidup Kita Semakin Berkenan di Hadapan Allah”

Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Agung Palembang (KAPal) Romo RP Felix Astono Atmaja, SCJ melantik 95 umat pengurus Dewan Pastoral Paroki St Teresia Jambi periode 2021-2024. Pelantikan pengurus ditandai dengan percikan air suci usai homili pada misa syukur yang diadakan pada Minggu (10/1/2021) di Aula SMP/SMA Xaverius I, Jambi.

Perayaan Ekaristi yang bertepatan dengan Hari Pembaptisan Tuhan Yesus ini, dipimpin oleh Romo Astono, SCJ bersama Sekretaris KAPal Romo Guido Suprapto Pr, Romo Emmanuel Belo Sede Pr, Romo Surawan Pr, dan Kepala Paroki St Teresia Jambi Romo Pius Pujowiyanto SCJ.

Dalam homilinya, Romo Astono berpesan, “Dengan menerima pembaptisan kita dijadikan baru, bukan soal nama tapi komitmen bagaimana kita menjadi berkenan di hadapan Allah. Sadar, tidak sadar, menjadi pengurus DPP adalah salah satu cara menjadikan hidup kita semakin berkenan di hadapan Allah. Setidaknya kita tahu siapa kita, apa peran kita dan bagaimana sebaiknya kita menjalankan perutusan kita,”.

Persatuan manusia dengan Kristus karena baptisan dalam air dan roh menjadikan kita sebagai anak-anak Allah. Kita mengekspresikan rasa syukur bahwa Tuhan mencintai kita terlebih dahulu, kalau itu menjadi semangat kita, kita boleh yakin hidup baru itu akan tampak nyata tidak hanya dalam hidup kita tapi hidup orang-orang yang kita layani juga menjadi berkenan, imbuh Romo Astono.

Vikjen KAPal Romo Astono memerciki air suci ke para pengurus terpilih DPP St Teresia Jambi Periode 2021-2024

Pengurus DPP St Teresia periode 2021-2024 dipimpin oleh Yustinus Vena Handono meneruskan kepemimpinan Gregorius Langgeng. Pelantikan pengurus baru ini merupakan akhir dari rangkaian pembekalan yang telah dilakukan sejak Sabtu (9/1) di tempat yang sama.

Sesi pertama pembekalan bertajuk Spiritualitas Pelayanan yang dibawakan langsung oleh Romo Astono, SCJ. Tiga spiritualitas pelayanan Yesus Kristus yaitu pemimpin yang bercitra sebagai gembala yang baik, melayani dan berdoa. Gembala yang baik tidak membeda-bedakan, mengenal semua dombaNya, dan memberikan nyawaNya bagi domba-dombaNya, begitulah yang diajarkan Yesus kepada muridNya.

Sesi kedua pembekalan disampaikan oleh Romo RD Guido Suprapto. Di awal pemaparannya, Romo Guido menanyakan pengalaman umayt, baik yang pernah maupun yang belum pernah menjabat di kepengurusan DPP sebelumnya.

Bersyukur dalam Pelayanan

Pengalaman selama tujuh periode kepengurusan DPP tidak membuat Bapak L.Y. Tukijan untuk berhenti berpelayanan. “Usia boleh tua, tapi pelayanan tetap jalan,” ujar tokoh senior di Paroki St Teresia Jambi ini.

Begitu juga Bapak Antonius Sumadi yang sudah berada di kepengurusan sebelumnya dan memasuki usia senja, “Bahagia dan bangga karena dapat menanggapi panggilan dan memberikan pelayanan, meskipun pasti dalam menanggapinya ada resiko dan pengorbanan,” tutur Sumadi.

Rasa syukur dan terimakasih atas kesempatan yang diberikan juga disampaikan para anggota pengurus baru seperti Andreas Budiman dan Ch. Jasmini.

“Bahagia menerima (menjadi pengurus DPP) menjadi salah satu semangat kita dalam berpelayanan, ”

Romo Guido Suprapto, SCJ

Romo juga menekankan pentingnya pedoman atau panduan dalam mengelola dan menjalankan sebuah kepengurusan. Pentingnya peran DPP, tugas, wewenang, tujuan, fungsi. hingga rekomendasi solusi dalam menjalankan suatu kepengurusan, dipaparkan oleh Romo Guido.

Dalam sesi ketiga pembekalan, Ekonom KAPal  Romo RD Emmanuel Belo Sede menjelaskan tentang tata cara pengelolaan harta benda gereja, baik bergerak maupun tidak bergerak.

Umat dengan khidmat mengikuti perayaan ekaristi pelantikan pengurus DPP St Teresia Jambi di Aula SMP/SMA Xaverius I Jambi

Ketua DPP terpilih Yustinus Vena Handono berkesempatan menyampaikan gambaran umum tugas, visi, dan misi pada periode 2021-2024. Ia menyadari bahwa tugas dan tanggungjawab yang dipikul untuk melayani umat sangatlah berat. Karena itu, Vena menghaturkan terimakasih atas kerendahan hati dan kesediaan para pengurus yang baru.

“Kristus di Hati, Umat Sehati,

Majulah Paroki, Santa Teresia Jambi”

Yustinus Vena Handoko

Ia mengajak para anggota DPP St Teresia Jambi untuk dapat bekerja sungguh-sungguh untuk memberikan talenta terbaik demi pelayanan gereja dan umat.  Dukungan penuh para umat untuk ikut serta membantu tugas pelayanan tersebut juga sangat dibutuhkan.

Selamat atas dilantiknya pengurus DPP masa bakti 2021-2024.

Terima kasih kepada pengurus DPP masa bakti 2017-2020.

Teks : Monika Indah Friska,

Foto : Monika Indah Friska, Ign. Bowo Sarjito

Please follow and like us: