REGENERASI : Kini saatnya kaum muda berpartisipasi secara nyata melaksanakan tugas gereja

Sekitar 27 orang anak muda yang tergabung dalam OMK Wilayah Santo Fransiskus Asisi, tampil perdana mengisi kor pada Perayaan Ekaristi Sabtu sore (20/2/2021). Minggu ini umat paroki memasuki minggu Prapaskah I. Hal ini sungguh membesarkan hati segenap umat Wilayah St. Fransiskus Asisi, khususnya ketua Wilayah. Bagaimana tidak. Anak-anak muda inilah merupakan calon penerus generasi. Bila selama ini yang tampil dalam kor di gereja adalah ‘orang tua’, kini saatnya kaum muda berparisipasi secara nyata melaksanakan tugas gereja. Dengan demikian, regenerasi berjalan baik.

Petugas kor Perayaan Ekaristi sabtu sore (20/2) di Paroki St. Teresia Jambi

Kor anak muda ini terbentuk berkat kegigihan Wakil Ketua Wilayah St. Fransiskus Asisi, yang begitu bersemangat membimbing mereka, di support oleh ketua wilayah dan segenap umat. Setiap Rabu malam, mereka dihimpun untuk berlatih bernyanyi. Walau semula menemui berbagai kendala, akhirnya tercapai juga keinginan untuk tampil dengan baik.

Hal yang cukup menggembirakan juga bahwa di antara anak muda itu ada yang bertindak sebagai dirigen dan organis. Mereka merupakan kader-kader wilayah dan paroki di masa mendatang.

Regenerasi sebenarnya tidak hanya pada tugas kor. Pada periode ini, kepengurusan wilayah didominasi oleh tokoh-tokoh muda. Hal yang sangat menggembirakan. Saatnya yang tua undur diri, bukan berarti cuci tangan sama sekali. Namun saatnyalah yang tua memberikan kesempatan kepada yang muda. Mungkin saja yang muda memiliki langkah dan cara tersendiri, yang kadang dirasa berbeda dengan yang tua. Tetapi percayalah, mereka akan mampu mengemban tugas dengan baik.

Bravo kaum muda. Semoga semakin bersemangat dan semakin baik dalam tugas berikutnya. (Teks & Foto : F. Sugeng M)

Please follow and like us: