SANTO YOSEF YANG MENEMPATKAN KRISTUS DI HATINYA

Hari Raya Santo Yosef, 19 Maret 2021

Santo Yoseph bersama Kanak Kanak Yesus (Guido Reni – Wikipedia)

Para Romo yang terkasih,
Para Pengurus Harian Dewan Pastoral Paroki St. Teresia
Para Koordinator dan Ketua Seksi dalam Dewan Pastoral Paroki St. Teresia
Para Ketua Wilayah, Ketua Stasi, Ketua Kelompok Kategorial Rohani dan Devosi
Para Ketua Organisasi Massa Katolik dalam territorial Paroki St. Teresia Jambi
Orang Muda Katolik, Remaja Katolik dan seluruh umat Paroki St. Teresia

Secara umum berdasarkan kalender liturgi, hari ini (19/03/2021) kita memperingati Hari Raya St. Yosef – Suami Santa Perawan Maria. Secara bersamaan pula, Paus Fransiskus menetapkan tahun ini sebagai Tahun Santo Yosef dengan Surat Apostolik Patris Corde yang artinya: dengan Hati Seorang Bapa dalam rangka peringatan 150 tahun deklarasi Santo Yosef sebagai Pelindung Gereja Semesta.

Dalam salah satu bagian dalam surat apostoliknya tersebut, Paus Fransiskus menyebut Santo Yosef adalah ‘Bapa yang menerima’, karena ia ‘menerima Tuhan Yesus dan Bunda Maria tanpa syarat’ sebagai seorang bapa. Dan Santo Yosef mempersembahkan dirinya dalam kasih untuk melayani Mesias yang tumbuh hingga dewasa di rumahnya, di dalam hatinya.

Menggunakan momentum yang sangat agung ini, Dewan Pastoral Paroki St. Teresia dalam Rapat Kerja pada 11 Maret 2021 yang lalu, menyepakati bahwa bersama Santo Yosef umat paroki St. Teresia Jambi diajak belajar menempatkan Tuhan Yesus di hatinya, sesuai tema kerja DPP St. Teresia Masa Bakti 2021 – 2023 yaitu KRISTUS DI HATI.

Tema Kristus di Hati mengajak kita untuk menempatkan Kristus di tengah kehidupan sehari-hari, menjadikan Kristus sumber, fokus dan pusat pelayanan dan pekerjaan kita. Supaya nanti pada tahun 2022, tema kerja kita beranjak menjadi UMAT SEHATI, sebab Kristus sudah meraja di dalam hati kita. Dan akhirnya kelak pada 2023, MAJULAH PAROKI ini.

Tema Kristus di Hati akan dicanangkan secara bersamaan dengan pencanangan Tahun Santo Yosef di Paroki Santa Teresia Jambi pada Perayaan Ekaristi Minggu V Prapaskah pada 21 Maret 2021. Seksi Liturgi telah menyampaikan teks doa dan nyanyian yang didaraskan dan dilantunkan setiap saat pada setiap perayaan liturgi yang umum. Seksi Kerygma akan menyusun bahan renungan bagi segenap umat untuk mendekatkan ‘kebapaan’ Santo Yosef yang menerima Kristus di dalam hatinya. Bahan renungan tersebut yang bisa digunakan dalam kelompok maupun pribadi pada bulan September 2021.

Selamat merayakan Tahun Santo Yosef. Mari berjalan bersama Bapa Yosef untuk menempatkan Kristus di hati kita.

Yustinus Vena Handono
Ketua DPP Santa Teresia Jambi

Please follow and like us: